INFO
  • Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Sejarah Desa Sumbergirang

31 Desember 2019 Admin SID Dibaca 12.937 Kali

Desa Sumbergirang adalah salah satu nama desa yang ada di Kecamatan Lasem dari 20 Desa yang ada.Secara geografis Desa Sumbergirang terletak dijantung kota Lasem, yang dimasa lalu sangat berperan dalam sejarah Kota Lasem. Sumbergirang jika dilihat dari namanya ada beberapa versi tentang asal usul Sumbergirang yang menurut legenda berasal dari dua suku kata yaitu  Sumber yang artinya adalah Air dan Girang yang artinya Cekungan. Dengan kata lain diartikan dengan tempat berkumpulnya orang orang yang pada jaman dahulu untuk mencari air.

Cerita atau legenda ini bahkan masih terjadi hingga pada akhir tahun 1980 an. Kenyataan ini pernah penulis alami pada waktu itu banyak sekali warga atau penduduk dari desa desa lain di Kecamatan Lasem mengalami musim kemarau sangat panjang dan berdampak kekeringan. Untuk kebutuhan sehari sehari saja rasanya tidak cukup. Inilah barangkali peristiwa atau sejarah Sumbergirang masih melekat diingatan bahwa jaman dahulu memang banyak sekali sumber air yang ada di Desa Sumbergirang.

Kenyataan ini didukung oleh beberapa peninggalan Sumur sumur tua yang berbentuk persegi dengan batu bata berukuran besar peninggalan sekitar abad 16 M, sampai saat ini peninggalan ini masih ada dan masih digunakan oleh warga Desa. Ada salah satu wilayah yang dijuluki sebagi Sumber karena ditempat ini mata air atau sumberan di tempat itu sangatlah banyak bahkan dangkal, sebagai gambaran dimusim kemarau saja sumber air yang ada hanya dengan kedalaman 2 s/d 3 meter dengan sumur gali sudah dapat mencukupi untuk kebutuhan air sehari-hari.

Banyak sekali peninggalan sejarah Desa Sumbergirang yang saat ini masih dapat kita jumpai, lebih dari puluhan situs sejarah antara lain Situs sejarah Banjarmlati, pohon Asem, sumur tua bekas peninggalan kadipaten Lasem dan masih banyak lagi, yang tentunya dimasa datang akan membutuhkan kajian dan penulusuran sejarah oleh para ahli dibidangnya. Ini adalah potensi sekaligus tantangan bagi  warga desa untuk dapat mengembangkan potensi ini sebagai warisan leluhur dan wisata sejarah, sehingga anak cucu kita akan dapat menghargai dan bangga akan sejarah Desanya sendiri (doc.sbg2017)

DAFTAR KEPALA DESA SUMBERGIRANG

No Nama Tahun Menjabat Keterangan
1 MBAH SONDER 1927 Petinggi/pendiri Rondan Gandeng
2 MBAH IBUD Tidak diketahui Petinggi
3 MBAH SUMO Tidak diketahui Sebutan lain Sumo Sabrang
4 SUMO URIP 1947 Petinggi
5 MBAH NANJI Tidak diketahui Petinggi
6 M A S L U R 1949 Hasil Pemilihan
7 SUWARDI I 1974-1984 Kades Sumbergirang
8 SUWARDI II 1984-1998 Kades Sumbergirang
9 JUMADI 1998-2006 Kades Sumbergirang
10 MARJUKI 2007-2013 Kades Sumbergirang
11 MARJUKI 2013-2019 Kades Sumbergirang
12 EDY SUNARNO 2019-Sekarang Kades Sumbergirang
       
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar